Manajemen
administrasi perkantoran
merupakan bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan bidang
administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan
memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.
>>> Pengertian menurut para ahli <<<
Edwin
Robinson dan William Leffingwell
"Manajemen
Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan
pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang
melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih
dahulu."
George
R. Terry
"Manajemen
perkantoran adalah perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan
perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai
tujuan-tujuan yang telah ditentukan."
Millis
Geoffrey
"Manajemen
kantor adalah seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang
sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan."
Rifhi
Siddiq
"Manajemen
perkantoran merupakan suatu metode yang dilakukan dengan memperhatikan
fungsi-fungsi manajemen berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yang telah
direncanakan sebelumnya. ""
W.H.
Evans
"Administrasi
perkantoran merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua
tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan
ingatan organisasi."'
Dengan demikian, pada
pokoknya manajemen perkantoran merupakan rangkaian aktivitas merencanakan,
mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk),
mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai menyelenggarakan secara
tertib sesuai tujuan mengenai sesuatu hal atau kegiatan. Hal atau sasaran yang
terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada umumnya ialah pekerjaan perkantoran (office work). Yang termasuk pekerjaan
perkantoran diantaranya:
- mengetik (typing)
- menghitung (calculating)
- memeriksa (checking)
- menyimpan warkat/arsip (filing)
- menelepon (telephoning)
- menggandakan (duplicating)
- mengirim surat (mailing)
- mengadakan
- mencatat
- menyortir
>>> Aspek-aspek manajemen perkantoran <<<
Dalam manajemen
perkantoran terdapat berbagai fungsi yang meliputi rangkaian aktivitas antara
lain:
- Manajemen dan pengarahan
- Tata laksana/penyelenggaraan
- Pelaksana secara efisien
- Manajemen
- Pengawasan
- Pengendalian dan pengawasan
- Pengarahan dan pengawasan
- Pengarahan
- Perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian
Faktor-faktor menurut Edwin Robinson
menyebutkan :
- pegawai
- Material perlengkapan
- Persayaratan
- Metode
Sedangkan fungsi-fungsi yang terkait
lainnya menurut H.Mac Donald (office management) bertalian dengan 6 hal
yaitu :
- Kepegawaian perkantoran (office personel)
- Metode perkantoran (office methods)
- Perlengkapan perkantoran (office equipment)
- Faktor-faktor fisik dalam kantor (Physical factor)love
- Biaya perkantoran (office costs)
- Haluan atau kebijakan perkantoran (office policies)
Perincian selengkapnya mengenai cakupan
bidang kerja dalam manajemen perkantoran oleh Charles O Libbey meliputi :
- ruang perkantoran (office space)
- komunikasi (communications)
- kepegawaian kantor (office personnel)
- perabotan danperlengkapan kantor (furniture and equipment)
- peralatan dan mesin (appliance and machine)
- perbekalan dan alat tulis (supplies and stationery)
- metode (methods)
- tata warkat (records)
- kontrol pejabat pimpinan (executive controls)
>>> Tujuan <<<
Tujuan manajemen perkantoran menurut GR
Terry dalam bukunya yang berjudul Office
Management and Control, yaitu:
- Memberikan semua keterangan yang lengkap dan diperlukan siapa saja, kapan dan di mana hal itu diperlukan untuk pelaksanaan perusahaan secara efisien
- Memberikan catatan dan laporan yang cukup dengan biaya serendah-rendahnya.
- Membantu perusahaan memelihara persaingan.
- Memberikan pekerjaan ketatausahaan yang cermat
- Membuat catatan dengan biaya minimal
>>> Kegiatan <<<
Kegiatan manajemen administrasi antara
lain :
- Pengadministrasian seluruh kegiatan
- Menginventarisasi peralatan kantor
- Penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen.
- Melakukan pengarsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.
- Melakukan pengadaan file .
0 komentar:
Posting Komentar